Asal Usul Nama Bekasi - Langur Bekasi | Kaos Rakyat Bekasi

Asal Usul Nama Bekasi

8 bulan yang lalu      Bekasi

Dalam catatan sejarah, nama “Bekasi” memiliki arti dan nilai sejarah yang khas. Menurut Poerbatjaraka, seorang ahli bahasa Sansekerta dan Jawa Kuno – Asal mula kata Bekasi, secara filosofis, berasal  dari kata Chandrabhaga. Chandra berarti “bulan” (dalam bahasa Jawa Kuno, sama  dengan kata Sasi) dan Bhaga berarti “bagian”. Jadi, secara etimologis kata  Chandrabhaga  berarti  bagian dari bulan.

Kata Chandrabhaga berubah menjadi  Bhagasasi  yang pengucapannya  sering disingkat  menjadi  Bhagasi. Kata Bhagasi ini dalam pelafalan bahasa Belanda seringkali ditulis  “Bacassie” kemudian berubah menjadi  Bekasi  hingga kini. Bekasi dikenal sebagai “Bumi Patriot”, yakni sebuah daerah yang dijaga oleh para pembela tanah air. Mereka berjuang disini sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan negeri tercinta dan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Berbagai sumber tertulis abad ke 18 sampai 21 menerangkan nama Bekasi dengan tulisan Bekasie, Bekasjie, Bekasie, Bekassi dan terakhir Bekasi.

Berdasarkan penelusuran Poerbatjaraka diduga bahwa Bekasi merupakan salah satu pusat Kerajaan Tarumanegara. Dugaan ini berdasarkan temuan Prasasti Tugu yg ditemukan di Cilincing. Prasasti ini merupakan yang terpanjang dan memuat keterangan mengenai Kerajaan Tarumanegara dan Sungai Chandrabhaga. Dalam tulisan prasasti tersebut digambarkan perintah Raja Purnawarman untuk menggali Kali Chandrabhaga sampai ke istananya. Penemuan Poerbatjaraka ini masih sangat sederhana apabila dilihat dari tingkat validitasnya bagi beberapa kalangan ahli sejarah dan bahasa. Akan tetapi kajian ini setidaknya menjadi bahan acuan atau pedoman bagi penelusuran secara mendalam mengenai asal muasal nama Bekasi.

Sejarah terbentuknya  Bekasi dimulai dengan dibentuknya “Panitia Amanat Rakyat Bekasi” yang dipelopori R. Supardi, M. Hasibuan, KH. Noer Alie, Namin, Aminudin dan Marzuki Urmaini, yang menentang keberadaan RIS- Pasundan dan menuntut berdirinya kembali Negara Kesatuan RI. Selanjutnya diadakan Rapat Raksasa di Alun-alun Bekasi yang dihadiri oleh sekitar 40.000 orang rakyat Bekasi pada tanggal 17 Pebruari 1950. yang Menuntut kepada Pemerintah agar nama Kabupaten Jatinegara diganti menjadi Kabupaten Bekasi.




Komentar Artikel "Asal Usul Nama Bekasi"